Laman

Portal Informasi Komputer

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara merawat baterai laptop yang baik dan benar perlu Anda perhatikan apabila ingin performa laptop Anda tetap terjaga. Sebab, kerapkali kinerja laptop menurun karena baterai tidak terawat dengan baik. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa baterai laptop sangat berpengaruh. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan laptop sembari melakukan perawatan sesuai prosedur. Hal ini dilakukan agar Anda tetap dapat menjalankan laptop kesayangan sebagaimana mestinya.

Dalam tulisan sederhana ini, penulis bakal memberikan sedikit gambar tentang bagaimana cara mudah merawat baterai laptop. Sediakan catatan kecil dan tulislah setiap petunjuk penting dalam ulasan dari penulis nantinya. Berikut adalah tips merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama. Baca juga laptop game terbaik dunia 2014.

Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Sebelum melakukan perawatan, sebaiknya Anda memastikan terlebih dulu kondisi fisik dari baterai laptop. Selain itu, Anda juga harus melakukan perawat secara rutin setiap kali menggunakan laptop. Hal ini ditujukan agar laptop Anda tetap maksimal ketika dalam pengoperasian. Berikut ulasan cara merawat baterai laptop:

cara merawat baterai laptop
Image source: Google Images

  • Gunakan laptop sewajarnya. Artinya, jangan menggunakan laptop dalam waktu yang lama alias berjam-jam. Ini akan membuat performa baterai laptop seakan dipaksakan untuk terus menyuplai daya sehingga berisiko rusak.
  • Pakailah cooling pad. Ya, cooling pad sangat berguna untuk menstabilkan suhu di laptop Anda. Seringkali kerusakan baterai laptop terjadi hanya karena suhu terlalu panas. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu menggunakan cooling pad ketika mengoperasikan laptop Anda. Dengan begitu, kondisi baterai laptop akan aman.
  • Dalam mengoperasikan laptop, hindari baterai kosong 0%. Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan akibat limit daya baterai.
  • Dalam pengisian daya baterai, segera cabut kabel jika sudah penuh. Tentu saja, ini agar tidak terjadia kelebihan daya sehingga mengakibatkan baterai cepat panas.
  • Hindari penggunaan laptop di atas bantal, kasur atau bahkan di atas karpet berbulu. Selain berakibat laptop cepat panas, baterai laptop pun juga akan terganggu kinerjanya. Sebab, debu akan masuk ke sela-sela perangkat laptop sehingga menyebabkan baterai laptop harus bekerja ekstra keras karena sistem terganggu oleh debu/kotoran tadi.

Itulah sedikit ulasan tentang cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Semoga petunjuk praktis kali ini bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa menambah pengetahuan teknologi komputer dan informasi.
Facebook Twitter Google+

About Us

...
 
Back To Top