Laman

Portal Informasi Komputer

Pengertian dan Fungsi UPS

Pengertian dan Fungsi UPS - Apakah Anda seringkali mengalami gangguan listrik? Semisal pemadaman listrik bergilir atau naik turunnya tegangan secara tiba-tiba? Itu tentu sangat berbahaya bagi kinerja komputer. Sebab, tegangan listrik yang tiba-tiba mati akan mengakibatkan harddisk rusak sehingga komputer tak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba mengulas tema tentang pengertian dan fungsi UPS komputer. Ulasan ini ditulis untuk Anda yang ingin mencari solusi bagaimana cara mencegah rusaknya komputer akibat aliran listrik yang terhenti secara tiba-tiba.

Pengertian UPS

UPS merupakan singkatan dari Uninteruptible Power Supply. UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama tidak berfungsi (terhenti, pemadaman listrik). Jadi, UPS hanya akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik. Artinya, UPS hanya sebagai cadangan.

pengertian,definisi,ups
Image source: Google Images
UPS cukup berperan karena dapat memberi suplai listrik selama beberapa menit. Waktu yang cukup singkat dapat dimanfaatkan untuk mematikan komputer secara normal. Ini tentu lebih baik ketimbang mati tiba-tiba karena listrik padam (akan merusak hard disk). Baca juga cara merakit komputer.

Fungsi UPS pada komputer

UPS memiliki fungsi sebagai cadangan sumber listrik yang sifatnya darurat. Artinya, UPS berfungsi untuk memberikan suplai listrik saat terjadi pemadaman listrik agar dapat menjaga komputer dari berbagai hal yang tak diinginkan. Semisal, ketika listrik padam dan ada UPS, maka komputer akan aman dari rusaknya perangkat komputer ataupun data komputer hilang karena belum sempat disimpan. Itu semua akan teratasi apabila ada perangkat UPS.

Selain itu, di dalam perangkat UPS juga terdapat stabilizer. Stabilizer ini memiliki kegunaan untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan demikian, CPU dapat bertahan lebih lama ketimbang biasanya karena arus listrik yang mengalir ke CPU dapat stabil.

Demikian yang dapat penulis sampaikan terkait pengertian UPS dan fungsinya. Semoga dapat memberikan kejelasan bagi Anda yang ingin mendalami informasi teknologi komputer. lihat juga Cara Merakit Komputer PC Sendiri
Facebook Twitter Google+

About Us

...
 
Back To Top