Laman

Portal Informasi Komputer

Pengertian dan Fungsi Printer

Printer komputer berfungsi untuk mencetak dokumen dari komputer. Perangkat keras tambahan ini telah memberikan manfaat cukup besar bagi aktivitas manusia modern. Kita tentu tahu bahwa perkembangan teknologi semakin pesat. Dan, dalam perkembangan tersebut tak lepat dari aktivitas mencetak berkas untuk keperluan tertentu, semisal dokumen kantor, sekolah dsb. Di situlah perangkat printer komputer digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selanjutnya mari kita simak bersama-sama apa itu pengertian printer, fungsi dan jenis printer komputer:

pengertian,jenis,printer
Image source: Google Images

Pengertian Printer Komputer

Printer adalah perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang ada dalam komputer. Dokumen tersebut bisa berupa teks biasa atau dengan gambar. Biasanya, printer digunakan untuk mencetak dokumen penting perusahaan, atau juga dokumen penting instansi sekolah, pemerintah dan banyak lagi. Intinya, printer komputer memiliki fungsi untuk mencetak dokumen/file dari komputer.

Fungsi Printer Komputer

Fungsi printer adalah mencetak file/dokumen dari komputer ke media kertas atau yang lainnya. Dalam printer terdapat istilah dpi yang menunjukkan resolusi sebuah perangkat printer. Satuan dpi merupakan singkat dari dot per inch. Maksudnya, dpi menunjukkan jumlah titik yang ada seluas 1 inch. Semakin besar dpi printer, maka semakin bagus kualitas cetakannya. Baca juga pengertian dan fungsi UPS.

Jenis Printer Komputer

Printer komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis printer memiliki fungsi yang berbeda. Pengguna bisa menyesuaikannya tergatung pada kebutuhan masing-masing. Beberapa jenis printer komputer adalah sebagai berikut :

Printer Inkjet

Merupakan perangkat printer yang menggunakan tinta cair berbagai warna (full colors). Printer ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks serta gambar yang warnanya beragam. Contoh dari printer Inkjet adalah Canon, Epseon dll

Printer Laserjet

Merupakan printer yang mempergunakan tinta serbuk yang hanya bisa mencetak dokumen dengan satu warna. Printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy dan pengoperasiannya pun lebih mudah dan cepat.

Printer Dotmatrik

Merupakan printer dengan tinta cetak kertas karbon. Banyak orang memanfaatkan printer ini untuk efisiensi waktu dan biaya. Biasanya, printer dotmatrik dipasang di Supermarket atau minimarket untuk mencetak struk hasil pembelian.

Demikianlah informasi lugas yang dapat penulis sampaikan tentang pengertian printer dan fungsinya. Semoga dapat membantu Anda memahami materi tentang printer komputer.
Facebook Twitter Google+

About Us

...
 
Back To Top