Laman

Portal Informasi Komputer

Pengertian dan Fungsi Monitor Komputer

Pengertian dan Fungsi Monitor Komputer – Monitor komputer merupakan perangkat keras yang termasuk dalam golongan output. Perangkat yang satu ini memiliki kegunaan untuk menampilkan data grafis. Setiap perintah yang kita kirim melalui perangkat input akan ditampilkan di monitor komputer. Komponen utama dari monitor komputer adalah layar berupa kaca khusus, dan juga komponen elektronik yang dirangkai sedemikian rapih.

Dalam monitor ada istilah resolusi. Ketajaman gambar visual yang ditampilkan di monitor sangat dipengaruhi oleh kepadatan resolusi. Sedangkan tipe monitor kini sangat beragam. Mulai dari monitor yang berbodi cukup besar hingga yang tipis. Semua itu tergantung spesifikasi dan kebutuhan. Namun, seiring perkembangan teknologi, kebanyakan produk monitor adalah berbodi tipis serta berlayar datar.

Selanjutnya dalam ulasan ini, penulis akan menjelaskan pengertian dan fungsi monitor komputer secara umum. Anda dapat langsung menyimaknya berikut ini :

pengertian dan fungsi monitor komputer
Image source: Google Images

Pengertian Monitor Komputer

Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai output device untuk menampilkan data grafis yang dikirim oleh perangkat pengolah grafis (VGA card). Dalam hal ini, sebuah perangkat monitor bisa dikatakan baik apabila mampu menampilkan data secara akurat perintah-perintah dari VGA card.

Baru-baru ini, monitor komputer yang kerap dijumpai adalah tipe LCD (liquid crystal display) dan tipe CRT (catode ray tube). Sekilas, monitor komputer tampak seperti televisi. Namun sebenarnya kedua perangkat ini berbeda. Layar televisi hanya menampilkan data dari sinyal siar, sedangkan monitor menampilkan data dari sinyal siar sekaligus data digital yang diperoleh lewat VGA card.

Fungsi Monitor Komputer

Fungsi monitor adalah menampilkan data-data visual yang didapat dari perangkat pengolah grafis (VGA card). Data-data visual tersebut sebelumnya berupa data digital. Nah, di sinilah peran monitor sebenarnya. Yaitu mengubah data digital menjadi data visual yang kini bisa Anda lihat ketika menjalankan monitor komputer.

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian dan fungsi monitor komputer. Semoga penjelasan dari penulis kali ini mudah untuk dimengerti dan selamat belajar. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di ulasan-ulasan berikutnya.
Facebook Twitter Google+

About Us

...
 
Back To Top