Laman

Portal Informasi Komputer

Pengertian Virus Komputer dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Komputer Flas Pengertian virus komputer dan bagaimana cara mengatasi virus komputer akan coba penulis ulas dalam tulisan ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin belajar tentang virus komputer secara garis besar diharapkan menyimak betul ulasan tentang pengertian virus komputer dan cara mengatasinya berikut ini.

Pengertian Virus Komputer

Virus komputer adalah program jahat yang dapat menyerang seluruh sistem dalam komputer (biasanya bersistemkan Windows OS). Virus komputer dapat menggandakan diri dan merusak seluruh sistem dalam komputer. Tentu ini sangat merugikan, bisa saja komputer akan terasa sangat lamban. Sementara itu, penyebaran virus komputer dapat melalui berbagai media. Diantaranya adalah internet (saat mendownload file atau dokumen) ataupun transfer data (dapat melalui flashdisk, kabel data dll), dan banyak lagi.

pengertian virus komputer,software komputer

Virus komputer dapat menyebar dan menginfeksi dalam sistem operasi secara cepat. Pun, meski virus komputer hanya menyerang program aplikasi perangkat lunak (software) komputer, secara tidak langsung bisa menyerang perangkat keras (hardware) komputer. Perangkat yang kerap mendapatkan imbas dari virus komputer adalah prosesor, motherboard, harddisk, serta RAM. Apabila sudah terkena virus, kinerja komputer akan menurun drastis. Dengan begitu, aktivitas komputerisasi tentu akan sangat terganggu.

Seperti yang penulis utarakan tadi, jenis komputer yang kerap diserang adalah komputer Windows. Hampir seluruh versi dalam OS Windows berisiko tinggi terkena virus komputer. Baik itu OS Windows 95 atau bahkan Windows 7. Lalu bagaimana dengan Windows 8? Hingga saat ini masih belum sepenuhnya terbukti jika Windows 8 dapat diserang virus komputer. Kemudian untuk komputer berbasis OS Mac atau Linux, tampaknya tidaklah terlalu berisiko dengan serangan virus komputer (a.k.a aman).

Dampak negatif dari virus komputer sangat beragam. Namun yang paling sering terjadi adalah melambatnya kinerja komputer. Biasanya, hal itu disebabkan karena virus komputer dapat menggandakan diri dan menyebar secara cepat. Setelahnya, program komputer akan mengalami sedikit gangguan seperti adanya file-file sampah (spam). File-file sampah tersebut berkembang di perangkat hard disk dan lama-kelamaan jika dibiarkan maka akan berakibat fatal, seperti kerusakan hard disk atau bahkan merambat ke perangkat keras lain.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Secara sederhana, cara mengatasi serangan virus komputer sangatlah mudah. Anda tinggal memasang program antivirus yang sudah dipercaya dapat mengatasi serangan virus komputer. Rekomendasi antivirus yang dapat Anda pakai adalah Avast, Smadav, dan Avira. Setelah memasang antivirus, Anda juga dapat men-scan flashdisk ketika dihubungkan dengan komputer. Kemudian solusi yang paling aman adalah dengan menggunakan sistem operasi Linux.

Itulah ulasan singkat tentang pengertian dan cara mengatasi virus komputer. Anda dapat menyimak artikel menarik lain seperti sejarah perkembangan komputer. terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+

About Us

...
 
Back To Top